Clock By Blog Tips

Monday, November 8, 2010

Waspadalah...Tips Mencegah Kejahatan Jalanan


Kejahatan jalanan di Jakarta menjadi momok yang menakutkan bagi warga Ibukota. Hampir setiap hari, kejahatan di beberapa jalanan kerap terjadi. Penjambretan, pencopetan, penodongan dan bahkan perampokan menjadi jenis kejahatan yang kerap dialami warga Jakarta.

Berikut beberapa tips menghindari kejahatan jalanan
1.Jangan memakai perhiasan mencolok di jalan. Mengenakan perhiasan mencolok hanya akan memancing orang berbuat jahat kepada Anda.

2. Jika ingin bertanya mengenai alamat  yang Anda tuju, bertanyalah kepada polisi lalu lintas atau kepada penduduk sekitar. Jangan bertanya kepada sembarang orang di jalanan.

3. Kenakan pakaian yang sederhana dan jangan mengenakan pakaian yang seksi, karena bisa mengundang kejahatan asusila. 

4. Hindarkan mengeluarkan dompet di tempat umum. Sebaiknya siapkan uang untuk ongkos Anda di rumah sebelum melakukan perjalanan. Simpan dompet di tas, dan gendong tas di depan, jangan di belakang, terutama di kendaraan yang penuh sesak.

5. Untuk antisipasi  dari kejahatan copet atau dipalak preman, pisahkan uang perjalanan Anda ke beberapa tempat di saku atau kantong Anda. Jangan simpan di satu kantong saja, karena jika Anda menjadi diperas penjahat, masih ada  sisa uang .

6. Selalu waspada dalam perjalanan. Jangan mudah percaya kepada orang yang menawarkan jasa baik kepada anda, berbicaralah seperlunya apalagi mengenai hal pribadi Anda.

 7. Saat anda menunggu kendaraan, sebaiknya Anda jangan menunggu di tempat yang sepi. Anda bisa menunggu kendaraan di tempat orang berdagang kelontong atau di halte .

 8. Kalau Anda naik angkutan umum seperti bis atau angkot yang kosong, duduklah dekat sopir. Jadi  penjahat ragu untuk berbuat jahat pada anda. Dan andapun mudah untuk minta pertolongan pada sopir, atau minta kendaraan dihentikan saat itu jika ada yang berbuat jahat kepada anda.

9. Jangan minder atau kelihatan takut. Tetap tenang dan percaya diri, karena orang yang ketakutan justru  akan menjadi sasaran dari kejahatan.

10. Berdoa sebelum berangkat, maka anda akan tambah percaya diri dan tenang.

batavia.com -

No comments:

Post a Comment

Belajar Al-Qur'an Online

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran