Clock By Blog Tips

Wednesday, November 10, 2010

Waspadalah...Pelajari Plus Minus Alat Kontrasepsi


 Jakarta, Ada berbagai macam alat kontrasepsi seperti kondom, pil, suntik hormon, spiral dan lainnya. Kadang orang bingung untuk menggunakan alat kontrasepsi yang mana.

Metode kontrasepsi yang berbeda akan memberikan keuntungan yang berbeda dan juga kerugian dalam arti perasaan tidak nyaman dan risiko kesehatan lain yang juga berbeda.

Berikut keuntungan dan kerugian kontrasepsi yang biasa digunakan seperti dilansir eHow :
1. Kontrasepsi penghalang
Kondom, diaphgramns, atau spiral (IUD) adalah contoh kontrasepsi penghalang. Tujuan dari ketiga alat kontrasepsi tersebut adalah menghalangi masuknya sperma ke dalam ovarium yang bisa menyebabkan kehamilan. Diantara ketiga alat tersebut, kondom merupakan yang paling murah, mudah didapat, bisa digunakan kapan saja dan mudah untuk digunakan. Namun, kondom mengurangi kenyamanan laki-laki.

Diaphgramns ukurannya disesuaikan dengan vagina dan berfungsi menutupi mulut rahim (serviks) sehingga mencegah sperma mencapai tujuannya. Efektifitas diaphragm meningkat signifikan jika digunakan dengan spermacidal gel, namun kadang menimbulkan iritasi kulit. Penggunaannya juga mengganggu spontanitas. Sedangkan untuk spiral atau intrauterine device (IUD) dengan memasukkan alat ke dalam rahim yang dilakukan oleh ginekolog, kontrasepsi ini hanya sekali pemasangannya, namun ada perempuan yang merasa gelisah menggunakan metode ini.

2. Pil kontrasepsi
Kontrasepsi menggunakan pil juga disebut kontrasepsi oral, tipenya adalah meminum pil yang mengandung hormon yang bisa mencegah ovarium perempuan mengeluarkan sel telur sehingga mencegah kehamilan. Perempuan yang menggunakan kontrasepsi ini harus mengkonsumsi pil tersebut setiap hari, bahkan pada waktu yang sama setiap harinya.

Pil kontrasepsi merupakan alat kontrol kelahiran yang paling dapat dipercaya dan tetap tidak mengurangi sensasi terhadap pasangan. Keuntungan lain dari kenyamanan ini adalah perempuan bisa tetap mendapatkan siklus menstruasi yang teratur dan bisa diprediksi, meskipun ada juga yang tidak mendapatkan siklus teratur. Kelemahannya adalah hormon yang terkandung dalam pil tersebut seperti estrogen dan progestin dapat menimbulkan efek samping, seperti keinginan seksual yang berubah, mual dan muntah. Perempuan yang merokok sebaiknya tidak mengkonsumsi pil ini karena bisa meningkatkan peluang pengembangan kanker tertentu.

3. Kontrasepsi hormon lainnya
Beberapa perempuan memilih menggunakan pengobatan hormon dengan cara disuntik. Kontrasepsi ini melepaskan hormon dan perlahan ke dalam darah untuk mencegah ovulasi yang bisa mengakibatkan kehamilan. Kekurangan dari kontrasepsi ini adalah bisa menyebabkan iritasi ruam kulit, rasa tidak nyaman dan biasanya menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Kontrasepsi lainnya
Dengan menyuruh pasangan laki-laki untuk menarik diri sebelum ejakulasi sehingga mencegah kehamilan. Metode ini tidak mengeluarkan biaya apapun, tidak membutuhkan konsultasi medis dan tidak ada risiko kesehatan apapun, tapi tidak memuaskan untuk pasangan dan berisiko tinggi bagi orang yang tidak bisa mengendalikan dirinya.

Sterilisasi untuk laki-laki dan perempuan yang umumnya operasi nonreversible dan prosedur untuk mencegah kehamilan. Setelah prosedur selesai, maka sangat kecil kemungkinan untuk dapat mempunyai anak. Keuntungan dari prosedur ini adalah bahwa tidak ada memerlukan metode kontrasepsi lagi.

Yang terakhir adalah pantang atau tidak melakukan hubungan seksual. Pantang mungkin satu-satunya metode kontrasepsi di mana keuntungan (100 persen efektif) dan tidak memerlukan biaya sama sekali.

Untuk menentukan alat kontrasepsi apa yang akan digunakan sebaiknya dibicarakan dengan pasangan dan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Ini untuk mengurangi ketidaknyamanan dalam melakukan hubungan seksual satu sama lain.

detikhealth.com

- - - - - - - - -

Beware ... Learn Plus Minus Contraceptives


Jakarta, There are various types of contraceptives like condoms, pills, injectable hormones, and other spiral. Sometimes people confuse to use contraception which.

Different contraceptive methods will provide different benefits and also losses in the sense of discomfort and other health risks are also different.

Here are the advantages and disadvantages of contraceptive commonly used as reported by eHow:
1. Barrier contraception
Condoms, diaphgramns, or spiral (IUD) is an example of a barrier contraceptive. The purpose of the three contraceptives are blocking entry of sperm into the ovary that could lead to pregnancy. Among the three devices, the condom is the most inexpensive, easily obtained, can be used anytime and easy to use. However, condoms reduce the comfort of men.

Diaphgramns size is adjusted to the vagina and serves to cover the mouth of the uterus (cervix) to prevent sperm from reaching its destination. The effectiveness of the diaphragm increased significantly when used with spermacidal gel, but sometimes cause skin irritation. Its use also interfere with spontaneity. As for the spiral or intrauterine devices (IUDs) by inserting a tool into the uterus by a gynecologist, contraception is only once installed, but there are women who feel uneasy to use this method.

2. Contraceptive pill
Contraceptive use is also called the oral contraceptive pill, its type is taking pills that contain hormones that can prevent women's ovaries release an egg, preventing pregnancy. Women who use contraceptives should take the pill every day, even at the same time each day.

Contraceptive pill is a means of birth control the most reliable and still not reduce the sensation of your partner. Another advantage of this convenience is a woman can still get regular menstrual cycles and can be predicted, although some are not getting regular cycles. The disadvantage is contained in the pill hormones such as estrogen and progestin can cause side effects, such as sexual desire changes, nausea and vomiting. Women who smoke should not take this pill because it can increase the chances of developing certain cancers.

3. Other hormonal contraceptives
Some women choose to use hormone treatment by injection. Contraception and slowly releases hormones into the bloodstream to prevent ovulation which can result in pregnancy. Lack of contraception is that it can cause irritation of the skin rash, discomfort and usually causes weight gain.

4. Other Contraceptives
By having the male partner to withdraw before ejaculation thus preventing pregnancy. This method does not cost anything, does not require medical consultation and there is no health risk whatsoever, but not satisfactory for high-risk couples and for people who can not control himself.

Sterilization for men and women who generally nonreversible operations and procedures to prevent pregnancy. After the procedure is completed, it is less likely to be able to have a child. The advantage of this procedure is that no longer require contraception method.

The latter is abstinence or no sex. Abstinence may be the only method of contraception in which the profits (100 percent effective) and does not cost at all.

To determine what contraceptive to use should be discussed with partners and consultation with your obstetrician.
This is to reduce the inconvenience of having sexual relations with one another.

No comments:

Post a Comment

Belajar Al-Qur'an Online

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran