Clock By Blog Tips

Friday, November 12, 2010

Sarana Busway Banyak Diincar Maling

JAKARTA – Aksi pencurian terhadap sarana umum makin marak terjadi di Jakarta. Jika sebelumnya 3.600 besi pagar hilang diembat maling, kali ini giliran perlengkapan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI dipreteli tangan jahil.
Beberapa sarana busway itu diantaranya  pagar pembatas jalan, besi bypass, dan besi pada jembatan penyeberangan orang. Kurangnya personil petugas ditenggarai menjadi penyebab pelaku dengabn leluasa melakukan pencurian.

Kepala Seksi Fasilitas Pendukung Dishub DKI, Benhard, mengatakan meski penjagaan aset bulan merupakan kewajibannya namun pihaknya kerap melakukan pemeriksaan. Sayangnya hal itu tidak dilakukan secara rutin karena terbatasnya jumlah personil.

Benhard menjelaskan untuk korido ryang paling sering kehilangan adalah koridor Busway 10 Cililitan-Tanjung Priok, terutama di halte Jatinegara. “Kerugiannya masih menjadi tanggung jawab kontraktor yang mengerjakan koridor 10 karena belum diselesaikan pengerjaannya dan belum diserahkan kepada Dishub. Dan selama ini kontraktor sudah melakukan pengawasan dan perawatan yang diperlukan,” ujar Benhard, Kamis (11/11).

Sementara pada 2010, pemeliharaan sarana transportasi menghabiskan dana Rp 3,5 miliar dengan seluruh anggarannya digunakan untuk melengkapi peralatan koridor yang hilang. Sedangkan tahun 2011, Dishub merencanakan alokasi anggaran Rp 5 miliar untuk memasang perlengkapan semua fasilitas transportasi yang hilang, namun anggaran tetapnya belum dapat persetujuan Anggota DPRD DKI.

Terkait pengamanan Benhard mengaku beberapa kali mengundang kepolisian untuk membahas nmasalah ini. Dan diakui oleh Benhard, pihak kepolisian selama ini sudah membantu dalam mengurangi tindakan aksi pencurian.
Sebelumnya seperti diberitakan sebanyak 3.600 besi pagar Monas telah hilang dicuri oleh oknum yang tidak diketahui identitasnya. Untuk itu Walikota Jakarta Pusat Saefullah akan memperketat pengawasan sekitar Monas, baik di bagian dalam maupun luar. Diantaranay dengan meningkatkan frekuensi patroli di kawasan tersebut baik siang maupun malam. Tidak hanya itu jumlah personel Satpol PP akan ditambah dari 40 personel menjadi 100 personel. Mereka akan berjaga dalam tiga shift perharinya.

Postkota

No comments:

Post a Comment

Belajar Al-Qur'an Online

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran