Clock By Blog Tips

Thursday, December 2, 2010

Waspadalah....Antisipasi Sebelum Jatuh Sakit


Untuk menjaga kesehatan tubuh pada musim hujan, masyarakat harus memperhatikan kebersihan tubuh dan lingkungan serta kelancaran sanitasi.

Selain itu, masyarakat juga harus dapat menjaga ketahanan tubuh agar tidak mudah dimasuki berbagai macam mikroorganisme penyebab penyakit.

Menurut Kasim Rasjidi, dokter dari Rumah Sakit Asri, Jakarta Selatan, penerapan pola hidup sehat dan pola makan yang teratur akan sangat menunjang terjaganya kesehatan masyarakat saat musim hujan. Tubuh harus mendapat suplai karbohidrat, vitamin, protein, dan mineral yang cukup yang di antaranya didapatkan dengan menerapkan pola makan empat sehat lima sempurna. 

Hal lain yang harus dilakukan, kata Kasim, ialah melakukan pemanasan dengan olah raga ringan pada pagi hari. “Sedikit stretching, jalan cepat, atau loncat-loncat akan menghasilkan keringat dan badan pun menjadi hangat.”

Ada baiknya pula seseorang menyediakan sepatu dan kaos kaki ekstra di kantor untuk berjaga-jaga kalau sepatu atau kaos kaki itu kebasahan karena terkena air hujan. Dengan demikian, telapak kaki pun akan tetap kering sehingga tidak ditumbuhi jamur yang bisa merusak kulit. Pengunaan alas kaki juga penting untuk mencegah masuknya kotoran atau parasit melalui kulit.

Tidak hanya alas kaki, pakaian pengganti pun hendaknya tersedia di kantor. Jadi, jika pakaian basah karena terkena hujan, bisa segera diganti dengan pakaian kering. Dengan demikian tubuh pun tidak kedinginan dan terhindar dari penyakit, seperti masuk angin atau demam. 

Upayakan pula untuk meminum air hangat dalam porsi yang cukup banyak. Minuman bisa pula diberi sedikit jahe tanpa gula atau pepermint, beberapa tetes jeruk nipis, atau lemon. Hal itu akan membantu menghangatkan badan dan mengurangi rasa lapar.

Meminum kopi atau teh akan memicu pembuangan air kecil yang lebih banyak sehingga tanpa disadari hal itu bisa menyebabkan kekurangn cairan.

Sebaiknya sediakan buah-buahan, seperti pisang, apel, pir, atau mangga yang sudah dikupas dan jeruk yang sudah ranum dalam kotak plastik ringan.

Tujuannya, agar getah buah-buahan itu tidak mengenai pakaian dan bisa disantap sewaktu-waktu ketika perut terasa lapar. Hal tersebut bisa mengurangi kelebihan asupan karbohidrat dari roti, nasi, atau biskuit.

Jika bepergian jangan lupa pula pula selalu membawa payung atau topi plastik agar kepala tidak kebasahan. Kepala yang kebasahan karena terguyur air hujan akan terasa pusing. Sebaiknya memakai pula jaket atau baju hangat agar tubuh terlindungi dari udara dingin. 

Koran Jkt

No comments:

Post a Comment

Belajar Al-Qur'an Online

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran