Clock By Blog Tips

Monday, November 15, 2010

Cara Membedakan Parfum Asli Atau Palsu Dan Kenali Parfum Yang Sesuai Dengan Kepribadianmu

parfum-escada-into-blue-eauPernahkah kamu berdekatan dengan seseorang yang memiliki bau badan tak sedap? Saya yakin kamu pernah mengalaminya, begitu pula saya. Dan pernahkah kamu berdekatan dengan seseorang yang memiliki bau badan yang wangi bahkan terkadang berkesan mewah?


Parfum merupakan penyebab utama kenapa seseorang bisa memiliki bau badan yang sedap. Parfum juga digunakan untuk semakin memperkuat image pemakainya. Terutama bagi para pebisnis yang setiap saat dituntut harus selalu berpenampilan rapi, wangi dan menyenangkan.
Karena itu tak heran jika parfum menjadi barang yang banyak dicari, bahkan bisa dibilang sebagai kebutuhan pokok. Namun, apakah kamu bisa memastikan bahwa parfum yang kamu beli itu adalah asli? Tahukah kamu cara membedakan parfum asli dengan parfum palsu? Jika tidak, berikut saya berikan tips membedakan parfum palsu dengan yang asli.

Cara membedakan parfum asli dan parfum palsu atau biasa disebut refill (suntikan):
  • ASLI : Dus atau kotaknya masih bagus, belum lusuh.
  • PALSU : Meski ada dusnya, kemungkinan sudah lusuh.
  • ASLI : Botolnya mulus, belum ada goresan halus.
  • PALSU : Botolnya terdapat beberapa goresan halus (scratch).
  • ASLI : Segel dibawah botol atau batch numbernya masih rapih dan terbaca dengan jelas.
  • PALSU : Tidak ada segel. Meski ada, nampaknya sudah banyak mengalami goresan.
  • ASLI : Tutup botolnya masih keras/belum longgar.
  • PALSU : Tutup botolnya sudah mulai agak longgar.
  • ASLI : Lihat nozzlenya, kalau baru, belum terlihat banyak goresan..
  • PALSU : Pada dinding nozzle (pentil semprotan) sudah banyak terlihat goresan.
  • ASLI : Tidak ada endapan atau kotoran didalam botol.
  • PALSU : Dalam beberapa hari sudah mulai terlihat endapan atau partikel didalam cairan parfum.
  • ASLI : Coba semprotkan ke udara sedikit tapi berkali-kali dengan interval sekitar 2 menit didalam mobil yang a/c nya diset agak dingin. Parfum asli aromanya tidak berubah. Terutama “kedalamannya” tetap stabil. Semprotan sedikit maupun banyak, aromanya akan tetap sama.
  • PALSU : Pada keadaan diatas, kedalaman aromanya berubah-ubah dan cenderung berbau kurang “sreg”.
  • ASLI : Semprotkan agak banyak ketelapak tangan (sampai basah), sambil dikeringkan (ditiup pelahan), cium terus aromanya. Kalau tidak berubah, bisa dikatakan parfum itu asli.
  • PALSU : Menjelang kering, aroma parfum palsu akan berubah.
Parfum Palsu / lokal ini meski pakai box, secara kasat mata saja udah ketahuan. Lucunya semua memakai bungkus plastik, padahal parfum yang originalnya saja tidak memakai bungkus / segel plastik, misalnya Davidoff Coolwater, Hugo Boss Energise, dll.
Ciri bungkus plastik parfum lokal adalah memakai shrinkwrap, yaitu modal bungkus plastik dengan cara dipanaskan, sedangkan pasrum asli bungkus plastik model yg dipilat ketat, tidak dipanaskan, cara gampang nya coba liat bungkus plastik rokok.
Apakah parfum refill itu?
Parfum Refill adalah parfum yang memakai botol asli Parfum dengan isi yang tidak Asli.
Trus apakah isi Parfum refill?
Isi parfum refill adalah biang Parfum dicampur dengan alkohol, metanol (supaya tidak dingin), dan air.
Apakah biang Parfum?
Biang Parfum adalah tiruan / sintesis kimia dari bahan alami. Kalo kamu belajar kimia, para ahli kimia dapat mengetahui komposisi kimia dari bahan alami, dan kemudian diproduksi massal sehingga harga bisa jadi lebih murah.

Apakah beda biang parfum dan parfum asli?
Parfum asli memakai komposi minyak essensial dari bahan alam, meskipun ada beberapa referensi bahan juga memakai sintesa karena untuk menjaga kelestarian alam. Tapi meski memakai sintesa kimia ini, kualitasnya lebih bagus, dan karena parfum asli merupakan campuran berbagai bahan, biasanya tidak berpengaruh. Jadi dalam hal ini ciri masing-masing wangi dalam komposisi parfum asli masih ada (jika penciuman kita tajam, sensitif).
Sedangkan pada biang parfum berbeda, karena yang ditiru adalah komposisi kimia parfum jadi, maka wangi yang muncul adalah wangi yang lebih monoton, tidak ada perubahan wangi yang ditemukan dalam parfum asli yaitu yang sering disebut wangi awal, tengah, dan wangi dasar. Dan karena dibuat dari tiruan kimia, kebanyakan parfum refill lebih tidak stabil terhadap perubahan suhu, jadi bisa merubah struktur kimia sehingga biasanya wangi gampang berubah kalau disimpan lama.

Juga, karena memakai metanol untuk mengurangi efek dingin alkohol, biasanya parfum refill terasa berminyak di kulit. Bahkan terkadang efeknya di kulit bukan hanya berminyak, tapi terasa panas (mungkin efek dari methanol), bahkan semakin parah waktu kita berkeringat, mengakibatkan rasa gatal dan akibatnya kulit menjadi kemerahan (semacam iritasi). Ciri lain parfum refill, adalah kualitas tidak konstan, dimana kadang kalo pencampurnya pas bagus, maka hasilnya juga akan bagus.

Kenapa banyak penjual parfum refill mengaku reject, barang kapal, barang eks diplay konter?
Ketiga alasan itu adalah alasan paling sering dipakai untuk parfum refill. Bagi orang awam alasan ini adalah yang paling gampang diterima, karena memang parfum refill memakai botol bekas parfum asli / original, cuma karena biasanya box parfum sudah dibuang, maka susah sekali bikin boxnya apalagi untuk bermacam-macam varian, maka dipakailah alasan reject, atau barang kapal dengan alasan box rusak dalam pengiriman , atau alasan eks display konter.
Logikanya tak ada Parfum Asli yang di-reject, karena kemasan parfum selalu ada box, baik produk maupun tester, dan selain itu ada box luar lagi yang berfungsi sebagai pelindungnya, dengan standar UN Packaging (Memakai standar UN Packaging karena parfum termasuk barang Dangerous goods).

Masalah Batch code (batch produksi):
Tidak setiap parfum batch code berbeda nomornya. Batch code itu adalah batch production dimana misal tiap naik produksi ada 5000 botol maka ada 5000 botol yg batch codenya sama, bukan tiap botol batch code beda.

Apakah semua parfum ada batch code di botol dan box?
Hampir semua ada, cuma ada beberapa parfum tidak misal FCUK, atao Paco XS atau beberapa tipe lain, tapi sangat jarang biasanya.
Setiap wewangian parfum yang dihasilkan terdiri dari berbagai campuran aroma, yang bisa diperoleh secara alami (diekstraksi dari alam) maupun buatan (sintetis). Parfum asli atau palsu sama sekali tidak berhubungan dengan ketahanan bau (awetnya).
Perfume and Your Personality
Memilih parfum bukan hanya karena wewangian yang dihasilkan, namun juga berbicara soal kepribadian. Memilih parfum yang bisa mencirikan kepribadian kamu tentu tak mudah. Berikut jenis-jenis parfum yang bisa kamu pilih sesuai dengan kepribadianmu:

Floral
Aroma yang berasal dari wangi bunga-bungaan seperti mawar, anggrek dan melati. Cocok untuk kamu yang berkepribadian feminin dan romantis.

Chypre
Aroma ini merupakan gabungan antara bargamot, oakmoss, dan labdanum. Karakteristik wewangiannya ditandai oleh aroma apricot dan custard yang sangat khas, bila dalam Bahasa Prancis lebih dikenal dengan cyprus. Parfum ini lebih cocok digunakan bagi pria lembut dan romantis dalam suasana dingin atau malam hari.

Fresh Fruits
Terdiri dari aroma tumbuhan dan buah yang menyegarkan seperti citrus, orange, limes, dan grapefruit. Jika kamu temasuk orang yang dinamis, aktif dan suka beraktivitas di luar, tidak salah kalau kamu memilih aroma fresh fruit ini.

Ambers
Aroma ambers merupakan campuran dari vanilla, bunga-bungaan, wood, dicampur dengan minyak camphorous. Jenis aroma yang satu ini dapat membawa pikiran maupun mood kamu ke suasana oriental yang eksotis. Parfum ini cocok bagi kamu yang romantis, namun ingin terkesan misterius dan maskulin.

Citrus
Karakteristik utama citrus adalah aromanya yang menyegarkan dan langsung tercium begitu disemprotkan. Aroma ini berasal dari jeruk dan sejenisnya seperti lemon, tangerine, clementine dan grapefruits. Kebanyakan aroma citrus digunakan untuk jenis parfum eau de teoilette. Bagi kamu yang aktif, sporty, lively, dan berkepribadian ekstrovert, aroma jenis ini merupakan teman yang tepat untuk menemani aktivitas olahraga kamu.

Fougere
Dengan campuran dasar lavender, coumarin, dan oakmoss, aroma fougere biasanya ditandai oleh perpaduan wangi rempah bercampur aroma wood. Termasuk dalam aroma parfum yang memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan kondisi tubuh. Untuk kamu yang ambisius, classy, namun sedikit konvensial. Wewangian lembut ini bisa jadi pilihan untuk menenangkan pikiran kamu.

Woody
Wewangian ini didominasi oleh aroma kayu khasa di kepulauan Pasifik Selatan yang ciri khasnya ditandai oleh aroma sandalwood dan cedar. Bagi kamu, yang suka berpetualang, independen dan menyukai tantangan, wewangian ini akan sangat cocok menemani hari-hari petualangan kamu.
Setelah bisa membedakan parfum asli dan parfum palsu, parfum manakah yang cocok dengan kepribadianmu?


Sumber: Kaskus.us

    1 comment:

    Belajar Al-Qur'an Online

    Murottal Al-Qur'an

    Listen to Quran