Clock By Blog Tips

Friday, December 31, 2010

Waspadalah.....Hindari Mabuk di Malam Tahun Baru


Jakarta - Sebagian orang ada yang merayakan pergantian tahun dengan bersenang-senang dan minum minuman beralkohol, bahkan hingga menyebabkan mabuk akibat pengaruh alkohol.

Dr. John Emsley dari Royal Society of Chemistry mengatakan mabuk disebabkan karena tubuh mengubah alkohol menjadi kimia beracun asetaldehida.

Efek dari Asetaldehida ini hanya dapat disembuhkan oleh waktu, dan pada umumnya efek tersebut akan hilang dengan sendirinya pada pertengahan pagi atau siang hari.

"Anda dapat mempercepat pemulihan dengan minum lebih banyak dan yang terpenting adalah perhatikan sarapan setelah malamnya Anda mabuk," katanya.

Sarapan terbaik adalah roti panggang dan madu, hal ini disebabkan karena panganan ini menyediakan kalium, natrium dan fruktosa yang saat itu sedang dibutuhkan oleh tubuh.

Dr. Emsley menambahkan bahwa sebenarnya cara terbaik untuk menghindari mabuk adalah dengan minum segelas susu, sebelum Anda mulai mengkonsumsi alkohol. Setelah itu, minumlah air putih minimal setengah liter sebelum tidur.

Hindari penggunaan obat-obatan tertentu, karena selain disinyalir tidak akan menghilangkan, malah dapat menimbulkan kecanduan, atau mungkin keracunan yang menyebabkan kematian akibat over dosis.

Jadi, jangan pernah lupa menyediakan madu di rumah Anda dan yang terpenting, jangan terlalu berlebihan dalam merayakan tahun baru ini, lebih baik kita berkumpul untuk saling introspeksi dan memikirkan langkah kita ke depan dalam menyongsong tahun yang baru agar lebih baik dari tahun sebelumnya.

Bagi umat muslim lebih baik mengisinya dengan mendatangi tempat-tempat yang mengadakan majelis dzikir atau berkumpul bersama keluarga di rumah, hal ini lebih aman dan bermanfaat bagi kita, serta tidak membahayakan bagi kesehatan tubuh.


wartanews

No comments:

Post a Comment

Belajar Al-Qur'an Online

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran