Clock By Blog Tips

Tuesday, December 28, 2010

Waspadalah Anemia Ibu Hamil....Cegah Dengan Perbanyak Zat Besi Dosis Rendah


Anemia cukup sering terjadi pada kehamilan dan dapat menjadi penyulit baik bagi ibu maupun anak. Anemia yang sering terjadi pada kehamilan terjadi akibat defisiensi besi.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini membuktikan bahwa pemberian zat besi dosis rendah sangat bermanfaat mencegah anemia pada kehamilan tanpa menimbulkan efek samping yang mengkhawatirkan.

Defisiensi besi sebenarnya dapat dicegah dan diatasi dengan pemberian tablet besi (yang lebih terkenal dengan istilah tablet tambah darah). Namun pemberian tablet besi sering menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan seperti mual, susah buang air besar, bahkan nyeri perut.

Hal yang juga menjadi perhatian dalam suplementasi besi adalah kekhawatiran bahwa asupan besi yang diberikan.dapat mengganggu penyerapan dari seng (zinc), sebuah mineral yang tidak kalah pentingnya.

Penelitian ini membagi wanita hamil dalam dua kelompok, mereka yang mendapat suplementasi besi dosis rendah (20 mg/hari) dan mereka yang mendapat plasebo (obat kosong).

Perlakuan dimulai saat kehamilan berusia 20 minggu dan yang diikutsertakan hanya wanita hamil sehat yang sebelumnya tidak menderita anemia serta tidak mendapat suplementasi besi sebelumnya.

Pada saat dimulainya penelitian, peserta yang terlibat memiliki kadar hemoglobin dan asupan besi yang setara. Pengukuran kadar hemoglobin dilakukan sebelum usia kehamilan 20 minggu dan pada kehamilan 28 minggu. Bila pada pemeriksaan kedua didapatkan anemia, 80 mg zat besi per hari diberikan pada wanita tersebut.

Pada akhir penelitian, mereka yang mendapat suplementasi besi dosis rendah ternyata memiliki kemungkinan jauh lebih rendah dibanding mereka yang tidak mendapat suplementasi besi. Selain itu, enam bulan pasca melahirkan, ibu-ibu yang dulu mendapat suplementasi besi dosis rendah ternyata lebih sedikit mengalami defisiensi besi.

Hal yang sangat menarik adalah tidak adanya perbedaan dalam hal keluhan efek samping saluran cerna dan kadar seng (zinc) serum baik pada mereka yang mendapat suplementasi besi maupun tidak.

Inilah.com

No comments:

Post a Comment

Belajar Al-Qur'an Online

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran