Clock By Blog Tips

Thursday, December 30, 2010

Waspadalah Liburan Anda....Liburlah Dengan Selamat (Keuangan)


Bulan Desember Telah Tiba
Bulan Desember begitu identik dengan bulan liburan. Terdapat liburan Hari Raya Natal, kemudian bersambung dengan libur tahun baru. Liburan di akhir tahun menjadi hadiah bagi diri sendiri, karena sudah bekerja dengan giat selama satu tahun. Sehingga banyak orang sudah merencanakan untuk berlibur di bulan ini.

Waspadalah..karena emosi sesaat, tergiur dengan godaan iklan agen perjalanan di berbagai media atau karena trend di antara kalangan teman yang pergi berlibur, akhirnya kita memutuskan untuk pergi berlibur tanpa persiapan yang matang.

Mengapa liburan perlu persiapan yang matang?
"It's holiday..It's time to relax and enjoy.., don't sweat the small things.."
Liburan itu enaknya dibuat spontan saja, tidak perlu dipikirkan matang-matang. Nanti karena terlalu banyak persiapan, malah jadi basi, tidak asyik, tidak jadi berlibur deh..!

Mungkin pernyataan di atas adalah paradigma yang sering kita jadikan patokan.
Tanpa ada persiapan keuangan, liburan memang tetap bisa berjalan, tapi mungkin liburannya jadi tidak seindah yang kita harapkan, karena harus banyak mengirit. Irit dengan memilih penerbangan yang murah meriap (tapi sering delay, berangkatnya tengah malam, bandaranya jauh), mengirit biaya hotel (tapi hotelnya jauh dari pusat keramaian dan kamarnya kurang bersih), mengirit biaya makan (hanya bisa makan murah meriah, rasa seadanya), mengirit biaya jalan-jalan ke pusat rekreasi, mengirit biya untuk belanja diri sendiri maupun buah tangan untuk keluarga.



Wah..sedih banget kalau harus pergi liburan dengan kondisi pas-pasan. Niatnya liburan untuk bersengang-senang, tapi malah ngedumel sepanjang liburan karena kesal harus mengirit terus.
Karenanya marilah nikmati liburan dengan nayaman dan bahagia. Persiapkan bujet liburan dengan baik. Berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan :

  • Tentukan destinasi tujuan liburan anda
  • Tentukan waktu liburan anda
  • Pilih hotel yang anda suka
  • Rajin-rajinlah browsing untuk mengetahui perkiraan biaya liburan yang kita inginkan
  • Kalkulasikan dengan baik total bujet liburan anda (tiket pesawat, hotel, transportasi, kunjungan wisata, makan, belanja dan oleh-oleh)
  • Setelah melakukan kalkulasi, kita akan tahu berapa besar bujet liburannya, sehingga bisa menghitung harus berapa lama dan berapa besar yang kita kumpulkan.
  • Persiapkan jauh-jauh hari, sehingga kita punya waktu untuk mengumpulkan uang
  • Buat satu pundi khusus dengan tujuan yang sangat spesifik: Dana Liburan. Bisa berupa tabungan berjangka (untuk jangka pendek) atau reksa dana (untuk jangka menengah)
  • Gunakan kartu kredit dan berbagai penawaran yang menggiurkan dari kartu kredit dengan bijak. Ingat..bunga kartu kredit sangat tinggi, kita boleh menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan kemudahan dan diskon. Tapi setiap tagihan datang di akhir bulan LUNASI semua tagihannya,ya!
  • Jangan sampai berlibur dengan hutang, karena instan, cepat, mudah, tapi pulang liburan bukan happy yang didapat, malah stress, karena harus bayar hutangnya
Lakukan persiapan keuangan dan bujet dengan benar agar pulang liburan kondisi keuangan tetap selamat...semoga bermanfaat.

(Fitriavi N - Independent Financial Planner dari QM Financial) : Market +

No comments:

Post a Comment

Belajar Al-Qur'an Online

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran