Clock By Blog Tips

Thursday, January 27, 2011

Waspadalah.....Polusi Suara Tingkatkan Risiko Stroke

Bukan hanya mengganggu kenyamanan, suara bising yang ditimbulkan kemacetan lalu lintas ternyata juga meningkatkan risiko stroke untuk mereka yang berusia 65 tahun ke atas. Demikian hasil penelitian European Heart Journal seperti dilansir Straits Times, Kamis (27/1/2011).

Dalam sebuah survei terhadap lebih dari 50 ribu partisipan, setiap penambahan 10 desibel suara lalu lintas rupanya bisa meningkatkan probablilitas serangan stroke hingga 14 persen untuk seluruh kelompok usia.

Bagi mereka yang berusia di bawah 65, peningkatan risiko itu mungkin tidak terlalu signifikan. Namun bagi kelompok usia di atas 65 tahun, setiap kenaikan 10 desibel suara, peningkatan risiko stroke mencapai 27 persen.

Jika level suara mencapai 60 desibel atau lebih, risiko stroke jelas semakin besar. Situasi lalu lintas yang sibuk bisa mengeluarkan suara 70 atau 80 desibel. Angka ini tidak terpaut jauh dari suara yang dihasilkan gergaji listrik dan mesin pemotong rumput (90-100 desibel) ataupun suara pesawat jet yang lepas landas (120 desibel).

"Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan korelasi suara lalu lintas dengan tekanan darah dan serangan jantung. Studi kami menunjukkan bahwa kebisingan lalu lintas juga bisa meningkatkan risiko stroke," ujar kepala penelitian, Mette Sorensena dari Komunitas Kanker Denmark.

Studi ini sendiri meneliti sejarah medis dan perawatan sekira 51.485 orang yang berpartisipasi dalam survei Diet, Kanker dan Kesehatan Denmark pada periode 1993 dan 1997 silam.

Para peneliti meyakini, suara bising lalu lintas bisa menyebabkan stres sekaligus mengganggu tidur seseorang. Hasilnya tekanan darah dan detak jantung meningkat, begitu juga dengan level hormon stres.
 
okezone
Militerania | Interesting
 

No comments:

Post a Comment

Belajar Al-Qur'an Online

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran