Clock By Blog Tips

Thursday, January 20, 2011

Waspadalah.....Ponsel dan Gadget Bisa Bikin Pesawat Jatuh


Pertumbuhan penggunaan ponsel dan gadget lain mulai menciptaan gangguan elektronik. Perangkat ini mampu membuat pesawat terjatuh.

Kebanyakan perangkat personal mengirimkan sinyal dan gelombang elektromagnetik yang dapat menganggu elektronik pesawat. Selain itu pesawat yang lebih tua tak memiliki perlindungan terhadap generasi terbaru perangkat-perangkat ini.
“Pertumbuhan teknis perangkat nirkable dan portabel sangat cepat, bahkan dalam hitungan pekan,” kata teknisi mesin dan penyelidik keamanan pesawat Doug Hughes. “Sedangkan kemajuan teknologi pesawat butuh 20 tahun,” tambahnya.

Tak ada survei menunjukkan seberapa sering penumpang mengabaikan larangan itu. Namun, tujuh tahun lalu di Amerika Serikat (AS), pengawasan sinyal yang dikirim ponsel selama penerbangan menemukan bahwa perangkat ini sering digunakan saat penerbangan.

Mahasiswa doktoral Bill Strauss mengatakan, deteriorasi dan kemajuan atau penurunan perangkat elektronik merupakan faktor yang tak bisa diukur pada penumpang. "Hal itu akan sangat dalam sempurna memadukan kecelakaan udara," katanya.

Kecelakaan penerbangan 2003 di Christchurch, Selandia Baru, diduga disebabkan karena gangguan ponsel. Pada kecelakaan itu, delapan orang tewas. Saat penerbangan itu, pilot menerima telepon dari rumah dan panggilan tetap tersambung selama tiga menit.

Sejak 2000, setidaknya ada 10 laporan sukarela pilot di AS menyatakan hal itu pada National Aeronautics and Space Administration.


Inilah.com

No comments:

Post a Comment

Belajar Al-Qur'an Online

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran