Clock By Blog Tips

Saturday, January 15, 2011

Waspadalah.....Bumi Berdebu Dua Kali Lipat


Jakarta- Jangan salahkan pekerja di rumah Anda. Dibandingkan 100 tahun lalu, debu di atmosfer bumi bertambah dua kali lipat. Ini akibat perubahan iklim dan ekologi seluruh dunia.

Untuk mengukur fluktuasi debu gurun selama satu abad terakhir, ilmuwan dari Amerika Serikat mengumpulkan data dari inti es, endapan danau dan karang. Objek ini memiliki informasi soal konsentrasi debu padang pasir masa lalu di kawasan itu. Ilmuwan lalu mengukur laju deposisi debu dari waktu ke waktu.
Dengan memanfaatkan sistem komputer Community Climate System Model, ilmuwan merekonstruksi pengaruh debu gurun pada suhu, curah hujan, deposisi kandungan besi di laut dan penyerapan karbon terestrial dari waktu ke waktu.

Ilmuwan menemukan bahwa perubahan suhu dan curah hujan menyebabkan pengurangan penyerapan tersetrial karbon global. Studi ini menekankan pentingnya aerosol alam.

“Saat ini kami akhirnya menemukan beberapa informasi bagaimana debu gurun telah berubah. Ini memiliki dampak besar dalam memahami sensitivitas iklim,” ujar Natalie Mahowald yang termasuk dalam bagian tim ini.


Inilah.com

No comments:

Post a Comment

Belajar Al-Qur'an Online

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran